Stay Positif and Be Creative

Firdaus Alfaizi

Saturday, July 25, 2020

Mau Kuliah di Universitas Indonesia ??? Ketahui hal berikut

Universitas Indonesia ternyata adalah perguruan tinggi tertua di indonesia. Pastinya sudah banyak orang yang mengetahui universitas negeri terbaik yang satu ini. Tak salah jika Universitas Indonesia menjadi salah satu perguruan tinggi tertua dan memiliki banyak prestasi yang ditorehkan.



Universitas Indonesia menduduki posisi pertama dalam urutan universitas terbaik di Indonesia. Tak hanya itu, berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan terhadap 1.233 perguruan tinggi di 151 negara di dunia, Universitas Indonesia mendapatkan peringkat ke-292.
Universitas Indonesia sendiri disingkat sebagai UI, adalah sebuah perguruan tinggi di Indonesia. Nama UI sendiri baru resmi digunakan sejak tahun 1950, itupun masih menggunakan bahasa Belanda, yakni Universiteit Indonesia. Sejarah Universitas Indonesia dimulai dari tahun 1849,Tanggal 2 Februari 1950 dijadikan hari kelahiran Universitas Indonesia. Saat ini, UI memiliki 14 fakultas, dengan lebih dari 291 program studi. Program pendidikan tahun 1864 di Universitas Indonesia berlangsung selama 3 tahun sampai lulus. Sedangkan pada tahun 1875, program pendidikan di Universitas Indonesia berubah menjadi 7 tahun sampai lulus
Kampus utamanya terletak di bagian Utara dari Depok, Jawa Barat tepat di perbatasan antara Depok dengan wilayah Jakarta Selatan, dan kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba di Jakarta Pusat. Universitas Indonesia telah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni. Secara umum dianggap sebagai salah satu dari tiga perguruan tinggi papan atas di Indonesia bersama dengan Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung. Cikal-bakal terbentuknya Universitas Indonesia adalah ketika pemerintah kolonial Belanda mendirikan sebuah sekolah yang bertujuan untuk menghasilkan asisten dokter tambahan yang memegang sertifikat untuk melakukan perawatan-perawatan tingkat dasar serta mendapatkan gelar Dokter Jawa (Javanese doctor). Secara resmi Universitas Indonesia memulai kegiatannya pada 2 Februari 1950 dengan presiden (saat ini disebut rektor) pertamanya Ir. R.M. Pandji Soerachman Tjokroadisoerio. Kantor Presiden Universitas Indonesia mula-mula berkedudukan di Jakarta, di gedung Fakultas Kedokteran di Jl Salemba Raya no. 6, kemudian dipindahkan ke Jl. Salemba Raya no. 4, Jakarta.

Universitas Indonesia menjadi universitas terbaik di Indonesia, menjadikan UI sebagai tujuan favorit untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Tingkat persaingan untuk masuk ke UI juga terbilang sangat ketat . Setiap tahunnya, rata-rata persentase pendaftar dan diterima untuk program S1 Reguler berada pada kisaran 3%. Maka dari itu jangan bermalas-malasan dan jadikan saingan menjadi penyemangat agar lolos masuk universitas indonesia

Semangat, Salam dari kakak kelas kalian di Universitas Indonesia. Ditunggu kehadirannya di Kampus

No comments:

Post a Comment

# Aturan Berkomentar Di Blog Mas Firdaus
Berkomentarlah Dengan Sopan, Tidak ada kata yang Sia" (Jorok,Dsb)
> Dilarang Menaruh Link Ketika Berkomentar
> Dilarang Keras SPAM
> Dilarang Promosi Web, Produk, Dan Sebagainya