Stay Positif and Be Creative

Firdaus Alfaizi

Thursday, October 6, 2016

Cara Mengganti Logo Dan Gambar Pada Saat Booting

Cara Mengganti Logo Pada Saat Booting Windows 8 dan Windows 8.1

     Booting merupakan proses pertama kali yang dilakukan pada saat komputer dinyalakan. Saat booting, sistem akan mempersiapkan semua hardware dan OS sehingga siap untuk bekerja. Proses ini membutuhkan waktu yang beragam, pada laptop booting rata-rata hanya memerlukan waktu 2 detik. Pada saat booting biasanya ada gambar/logo yang ditampilkan sebentar.
Logo tersebut bisa beragam, pada Windows 7 logo tersebut berupa animasi sehingga sangat menarik untuk dipandang. Pada beberapa merk, logo bootscreen tersebut sudah diganti dari pabrik, contohnya laptop ASUS yang memasang logonya pada saat booting Windows 8 dan Windows 8.1. Tetapi sebenarnya logo booting ini tidak hanya bisa diganti oleh pabrik, satu orang pun cukup untuk mengganti logo bootscreen ini.
Berikut adalah 3 cara mengganti logo pada saat booting

1.Cara mengganti logo pada saat booting Windows 8 dan Windows 8.1.

Dalam tutorial kali ini kita memerlukan software untuk melakukannya. Download terlebih dahulu softwarenya di http://www.codigobit.net/app/2

1. Jika sudah didownload, install terlebih dahulu aplikasi tersebut. Seperti biasanya hanya mengklik Next untuk menginstallnya.

Cara Mengganti Logo bootscreen Windows 8 dan Windows 8.1

2.Kemudian, buka aplikasi tersebut dan langsung beralih ke tab Testmode.

Cara Mengganti Logo Pada Saat Booting Windows 8 dan Windows 8.1

  • Jika anda pengguna Windows 8.1, sebaiknya aktifkan Testsigning mode  terlebih dahulu.
  • Backup shell32.dll.mui dan basebrd.dll.mui untuk berjaga-jaga.

3. Beralih ke tab Bitmaps, klik pada Load Picture, lalu pilih gambar yang akan dijadikan logo pada saat booting.

Cara Mengganti Logo bootscreen Windows 8 dan Windows 8.1

4. Atur seberapa besar gambar itu akan ditampilkan, lalu klik pada Generate bitmaps.
5. Setelah itu klik pada Generate bootres.dll dan klik Apply.
6. Lalu akan muncul sebuah window CMD, tunggu proses tersebut sampai selesai. Jika sudah ada tulisan Press any key to continue.. berarti window cmd tersebut sudah bisa ditutup.

Lalu coba restart komputer anda dan lihat hasilnya. Jika logo bootingnya sudah berganti berarti anda sudah berhasil dalam menjalankan tutorial ini. Jika ada masalah bisa dituliskan di kotak komentar di bawah postingan ini.......

2.Aplikasi Logon Changer For Windows 7


    Ada pun cara merubah tampilan logon Windows 7 adalah dengan menggunakan aplikasi Logon Changer For Windows 7 yang bisa anda download di http://tweaks.com. Setelah anda download dan instal dalam komputer anda, akan muncul seperti gambar ini:


Selanjutnya anda tinggal klik Change Logon Screen dan pilih image atau gambar yang anda inginkan lalu klik Open. Maka tiap anda menyalakan dan mematikan komputer akan muncul tampilan yang anda pilih, dan kalau anda mau kembali ke tampilan yang semula, buka lagi aplikasi Logon Changer For Windows 7 dan klik Revert To Default Logon Screen.


3.Cara merubah tampilan logo Windows 7 dengan Manual

     anda harus edit registry, tekan Logo Windows + R maka akan muncul Run, lalu ketik regedit dan tekan Enter.1. Dalam Registry Editor, klik kanan HKEY_LOCAL_MACHINE dan pilih 'Find'. Dalam kolom 'Find', ketik OEMBackground, pastikan hanya 'Values' yang tertandai seperti pada gambar, lalu klik 'Find Next'.


2. Jika secara default Values OEM Background tidak ada, maka klik kanan bagian kanan Registry Editor atau klik Edit, dan pilih New kemudian pilih DWORD (32-bit) Value dan beri nama OEM Background. Kemudian double-click OEMBackground dan ganti 'Value data' dari 0 menjadi 1, lalu klik OK.



3. Langkah selanjutnya adalah dengan membuka Computer > Local Disk (C:) > Windows > System32 > oobe. Dalam folder oobe, buat folder baru dan beri nama info. Kemudian dalam folder info, buat lagi folder baru dan beri nama backgrounds.


4. Selanjutnya anda tinggal copy image yang telah anda siapkan ke dalam folder backgrounds yang telah anda buat tadi, dan beri nama image anda background Default.jpg. Yang perlu anda perhatikan bahwa anda bisa menggunakan image dalam format JPG yang tidak lebih dari 256 KB, dan sebaiknya menggunakan image yang dimensinya sesuai dengan resolusi layar yang anda gunakan.



5. Logon screen yang telah anda ganti akan berfungsi setelah anda restart komputer.



SELAMAT MENCOBA



1 comment:

# Aturan Berkomentar Di Blog Mas Firdaus
Berkomentarlah Dengan Sopan, Tidak ada kata yang Sia" (Jorok,Dsb)
> Dilarang Menaruh Link Ketika Berkomentar
> Dilarang Keras SPAM
> Dilarang Promosi Web, Produk, Dan Sebagainya