Stay Positif and Be Creative

Firdaus Alfaizi

Saturday, December 10, 2016

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Dari dulu hingga sekarang, Virus Shortcut yang kerap muncul di Flashdisk atau media penyimpanan lainnya masih sering muncul bagi para penggunanya. Sejatinya, shortcut ini hadir dikarenakan Flashdisk kamu terinfeksi oleh virus yang didatangkan dari media lainnya (bisa jadi komputer itu sendiri). Dan bisa juga, komputer yang awalnya bersih dari virus, namun karena ditancapkan dengan Flashdisk yang terkontaminasi oleh virus ini jadi ikut terinfeksi.





Sebenarnya tidak sulit untuk menghilangkan virus ini (tergantung sejauh mana virus ini menyebar). Hanya saja, terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan scanning  virus. jika Flashdisk Anda terlanjur terinfeksi virus seperti virus shortcut maka Anda wajib untuk menghapusnya. Karena jika terus dibiarkan maka virus shortcut ini akan menyebar ke komputer atau laptop lain ketika ditancapkan. Untuk menghilangkan virus shortcut pada Flashdisk Anda bisa mengformatnya. Namun bagaimana jika didalam Flashdisk tersebut terdapat data-data penting? 
Ada ciri-ciri Flashdisk terinfeksi virus shortcut, yaitu :
  1. Virus shortcut secara otomatis ketika masuk ke Flashdisk akan membuat folder inf yang nantinya akan bekerja untuk menyebarkan virus ke komputer/laptop;
  2. Virus shortcut juga akan otomatis membuat file db. Namun jangan sampai terkecoh dengan file thumbs.db, karena file ini sudah ada di drive komputer yang merupakan file cache komputer/laptop;
  3. Jika virus shortcut sudah berhasil masuk ke komputer/laptop Anda maka secara otomatis juga akan membuat file mdb. Biasanya file ini akan bertengger di folder My Documents;
  4. Pada Task Manager akan ada file exe untuk menjalankan system komputer;
  5. Virus shortcut akan membuat file yang berekstensi .ink seperti Microsoft.ink. Jika kita klik file tersebut maka kita telah mengaktifkan virus dan akhirnya akan terus menyebar ke system komputer/laptop.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

1. Tancap atau colokan Flashdisk ke komputer kemudian buka Flashdisk tersebut.
2. Klik Organize lalu klik Folder and search options 



3. Aktifkan  "Show hidden files, folders, and drives"  lalu unchecklist pada "Hide protected operating system files (Recommended)" Jika muncunotice seperti di bawah, Klik "Yes".


4 .Nah, biasanya sampai sini folder yang disembunyikan oleh virus sudah kembali muncul. Hanya saja masih berstatus semi-hidden.


Untuk menormalkannya kembali, silahkan buka CMD (Command Prompt). Setelah terbuka, ketik lokasi dimana Flashdisk berada, misal: Drive H, berarti ketik H:
Selanjutnya, ketikan attrib -s -r -h /s /d di CMD, seperti gambar di bawah. Kemudian tekan Enter.


Sekarang cek Flashdisk kamu, apakah semua folder sudah kembali normal lagi. Jika sudah, silahkan hapus folder yang menurut kamu aneh dan tidak jelas.
Sejatinya, cara di atas hanya berlaku untuk mengembalikan folder yang disembunyikan oleh virus shortcut dan menghilangkan virus shortcut secara sementara. Jika Flashdisk kembali dicolokan ke komputer yang terinfeksi virus shortcut, bisa jadi hal serupa akan terjadi lagi.
Cara paling ampuh untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan Antivirus. Kamu bisa melakukan Full Scan terhadap setiap Drive yang ada, termasuk Flashdisk.

No comments:

Post a Comment

# Aturan Berkomentar Di Blog Mas Firdaus
Berkomentarlah Dengan Sopan, Tidak ada kata yang Sia" (Jorok,Dsb)
> Dilarang Menaruh Link Ketika Berkomentar
> Dilarang Keras SPAM
> Dilarang Promosi Web, Produk, Dan Sebagainya