Stay Positif and Be Creative

Firdaus Alfaizi

Wednesday, December 7, 2016

Fungsi Smartphone yang Jarang Gunakan

Zaman sekarang, jarang banget lihat orang yang tidak pakai smartphone. sekarang ini justru makin jarang lihat orang yang SMS-an atau telepon-an pakai featured phone. Iya kan?
Sebagai pengguna smartphone, kamu gunakan smartphone untuk apa aja sih? Chatting dan selfie? Padahal selain chatting dan selfie, masih banyak fungsi smartphone lainnya.
Yang membedakan antara featured phone dengan smartphone adalah fungsinya. Selain sebagai alat komunikasi, smartphone dibekali juga dengan fungsi hiburan dan komunikasi. Beberapa fungsi smartphone Android berikut bahkan mungkin jarang kamu gunakan.

1. Mengakses Komputer dari Jarak Jauh



Dengan fungsi smartphone Android, kamu bisa mengakses komputer dari jarak jauh. Syaratnya, tentu komputer dan smartphone kamu harus terhubung dengan Internet. Untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh dengan smartphone, kamu perlu menginstal Chrome Remote Desktop.
Dengan menginstal aplikasi Chrome Remote Desktop yang telah terhubung dengan akun Google di Android dan komputer kamu, maka kamu akan bisa mengendalikan komputer dari manapun. 

2. Ngoding


Sejak dimulainya era smartphone dan Internet of Things ( IOT), istilah ngoding jadi sering terdengar. Ini adalah kegiatan di mana para programer berkutat dengan bahasa-bahasa komputer untuk membuat sebuah program. Nah, bagi kamu yang benar-benar ingin menjadi programer andal, jangan hanya mengandalkan komputer untuk ngoding. Sekarang ngoding bisa di smartphone!
Bukan sekadar menciptakan program atau aplikasi untuk smartphone, ngoding pun sekarang bisa dilakukan kapan dan di mana saja lewat smartphone kamu. Cukup instal aplikasi D'coder, maka kamu siap jadi programer andal yang bisa kerja kapan pun dan di mana pun.

3. Jadi Microphone di Komputer


Pernah nggak kamu tertarik untuk mencoba software karaoke atau software apa pun yang membutuhkan microphone di komputer? Kalo kamu nggak punya speaker, tapi butuh banget microphone buat komputer, bisa  dengan menggunakan aplikasi WO Mic di Android.

4. Jadi Speaker Pesta

fungsi-lain-smartphone-android (3)
Lagi musim liburan terus bingung mau ngapain? Ajak aja teman-teman kumpul untuk bikin pesta kecil-kecilan. Nggak perlu keluar banyak uang dan beli speaker pesta, musik akan bisa terasa menggelegar lewat smartphone juga. Caranya adalah dengan memutar musik dari banyak smartphone secara bersamaan, sehingga di seluruh ruangan akan terdengar musik yang meriah.Untuk memutar musik secara bersamaan di banyak smartphone, kamu bisa menggunakan aplikasi AmpMe

5. Menerjemahkan Bahasa Asing Tanpa Berpindah Aplikasi

fungsi-lain-smartphone-android (4)
Chatting itu memang asyik. Apalagi kalo chatting sama bule atau orang dari luar negeri pakai bahasa asing. Selain asing, chatting juga jadi berasa keren. Toh, sekarang chatting bisa dibantu pakai Google Translate, kan? Tapi ribet loh kalo setiap chatting sama bule kudu pindah-pindah aplikasi ke Google Translate. Nah, smartphone Android sekarang bisa buat kamu menerjemahkan bahasa asing dengan mudah. Ya, dengan fitur Tap to Translate di Google Translate, kamu bisa menerjemahkan bahasa asing tanpa harus berpindah aplikasi lagi.

6. Jadi Remote

fungsi-lain-smartphone-android-(6)
Selain bisa digunakan untuk mengendalikan komputer, atau chatting, smartphone Android yang dibekali denganport Infrared bisa dijadikan remote loh. Remote TV, AC, atau alat elektronik lainnya yang mendukung kendali jarak jauh. Tidak perlu aplikasi bawaan, smartphone Android kamu bisa jadi remote dengan menginstal aplikasi IR Universal Remote .

7. Melacak Nomor Handphone



kamu pasti sering penasaran ingin tahu letak lokasi orang lain, kan? Dengan hanya bermodal smartphone yang terinstal aplikasi Zenly Locator, sekarang kamu bisa melacak lokasi orang lain dengan nomor handphone. Nggak perlu lagi curiga dan tanya-tanya mereka ada di mana, sekarang kamu bisa memantau orang yang kamu sayangi dengan mudah.

Sebenarnya masih banyak fungsi lain smartphone seperti membuat catatan, pengingat, alarm dan lainnya yang sudah dibekalkan secara default dari pabrik. Tapi, itu pasti sering kamu temui dan gunakan, kan?
Nah, itu dia 7 fungsi smartphone yang mungkin selama ini belum pernah kamu coba. Jadi, sekarang sudah tahu kalau smartphone ini bukan hanya untuk chatting dan selfie serta eksis di sosial media...............

No comments:

Post a Comment

# Aturan Berkomentar Di Blog Mas Firdaus
Berkomentarlah Dengan Sopan, Tidak ada kata yang Sia" (Jorok,Dsb)
> Dilarang Menaruh Link Ketika Berkomentar
> Dilarang Keras SPAM
> Dilarang Promosi Web, Produk, Dan Sebagainya